Sabtu, 11 Juni 2016

Speech to text atau pengubah suara menjadi teks bahasa Indonesia untuk Android




Tak bisa dipungkiri bahwa sebagai seorang blogger pekerjaan menulis terkadang bahkan seringkali terasa sangat membosankan. Oleh karena itu setelah berusaha mencari aplikasi yang bisa mengubah suara menjadi teks.

 
Awalnya saya mencari speech to text yang mendukung bahasa Indonesia untuk PC dan laptop. Lihat: Speech to text bahasa Indonesia untuk PC dan Laptop. Dan selanjutnya karena waktu yang saya yang semakin sempit, saya berusaha mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah suara menjadi teks untuk Android.

Setelah melakukan pencarian yang panjang akhirnya saya tidak menemukan apa yang saya cari karena  ternyata aplikasi itu sudah ada di hampir semua ponsel Android. Caranya adalah seperti  dibawah ini.

Pertama anda harus terhubung dengan internet. Jika sudah, lakukan setting pada bahasa dan masukan di menu Setting. Pilih Bahasa Indonesia. Lihat gambar dibawah.



Jika sudah, buka sembarang aplikasi atau aplikasi apa saja, dalam hal ini sayaakan membuka buka Kingsoft Office pilih memo atau word atau yang lain kemudian, munculkan papan keyboard dengan cara menyentuh screen seperti ketika anda ingin menulis, dan  akan muncul papan tombol keyboard. Nah di situ ada ikon microphone. Sentuh ikon microphone tersebut dan mulailah menulis dengan suara anda maka ponsel anda akan menuliskan apa yang akan anda ucapkan.

Untuk tanda baca karena saya menggunakan bahasa Indonesia maka penggunaan tanda baca hanya bisa dilakukan secara manual yaitu dengan menyentuh tombol back kemudian ketik tanda baca yang kita inginkan misalnya koma atau enter setelah kita pasang kita tap lagi ikon microphone. Normalnya ada tanda baca tapi dalam bahasa Inggris dan tidak bekerja ketika kita menggunakan bahasa Indonesia
Berikut adalah beberapa perintah suara yang bekerja pada Android:

    Tanda baca: Period (.), comma (,), question mark (?), exclamation atau exclamation point (!)
    Line spacing: Enter or new line, new paragraph


Untuk lebih jelasnya lihat video dibawah ini.